7 Manfaat Bantal Menyusui untuk Ibu dan Bayi

7 Manfaat Bantal Menyusui untuk Ibu dan Bayi

Menyusui adalah momen untuk memberi nutrisi pada bayi sekaligus mempererat hubungan batin dengannya. Bayi yang baru lahir menyusu 2 jam sekali, sehingga ibu harus selalu siaga. Menopang bayi yang menyusu kadang membuat tangan Anda pegal. Kini Anda bisa menyusui dengan nyaman, karena ada bantal untuk menyusui yang menopang kepala bayi. Ini manfaatnya.

  1. Memperbaiki Posisi Bayi

Saat memangku bayi dan menyusuinya, bayi bisa ditopang pakai bantal biasa, tapi posisi kepalanya bisa kurang pas sehingga membuat lehernya sakit. Jika kepala bayi ditopang dengan bantal khusus menyusui, maka posisinya bisa pas sehingga sesi menyusui lebih lancar. Perlekatan antara bibirnya dengan puting akan terjadi, sehingga pengeluaran ASI lebih deras.

  1. Mengurangi Pegal

Saat menyusui, bagian tangan Anda selalu pegal karena menopang kepala bayi agar posisinya tidak miring. Jika bayi ditempatkan dalam bantal khusus menyusui, maka tangan Anda tak perlu menopang kepalanya. Anda bisa melakukan hal lain sembari menyusui, misalnya makan atau membalas pesan WA. Memberi ASI bukanlah siksaan lagi, karena ada bantal khusus menyusui.

  1. Kepala Bayi jadi Bagus

Bantal menyusui berbentuk huruf U bisa sekaligus jadi bantal peyang alias bantal yang tidak membuat bentuk kepala bayi jadi jelek. saat baru lahir, tulang tengkorak bayi masih empuk, sehingga jika diberi alas bantal biasa bentuknya akan jadi peyang atau kurang membulat. Jika kepala bayi diletakkan di atas bantal menyusui saat tidur, maka bentuk kepalanya akan bagus.

  1. Mencegah Muntah dan Gumoh

Bayi yang sedang menyusu bisa gumoh (ASI keluar lagi) atau  muntah, karena posisi kepala bayi yang miring atau kurang pas. Ia minum ASI terlalu banyak dan belum bisa mengendalikan nafsu minumnya. Jika ia menyusu saat kepalanya ditopang oleh bantal untuk menyusui, maka kemungkinan untuk gumoh lebih kecil terjadi, karena posisi kepalanya lebih tinggi dari badannya.

  1. Jadi Bantal Leher

Saat bayi sudah besar dan tidak membutuhkan bantal umenyusui, jangan buang bantal itu. Bantal menyusui yang berbentuk huruf U bisa difungsikan jadi bantal leher. Ketika Anda dalam perjalanan jauh di kendaraan umum, bawalah bantal itu untuk menyangga leher, sehingga posisi tidur Anda tetap nyaman walau sedang duduk. Anda akan terhindar dari sakit leher.

  1. Mengurangi Pegal dan Kaku

Saat Anda memberi ASI dan kepala bayi ditopang oleh bantal  menyusui, maka posisinya akan pas. Anda tak perlu menunduk agar bayi bisa menyusu dengan nyaman, sehingga tubuh terhindar dari pegal dan kaku akibat berada dalam 1 posisi terlalu lama. Saat bayi growth spurt dan mengisap ASI selama berjam-jam, Anda tetap kuat menyusuinya dengan nyaman.

  1. Jadi Alas saat Bayi Belajar Duduk

Saat bayi belajar untuk duduk sendiri, ia butuh alas agar posisi duduknya mantap dan tidak merosot. Gunakan saja bantal menyusui sebagai alas, sehingga proses belajar duduknya lancar dan punggungnya kuat untuk menahan posisi duduk. Saat sudah bisa duduk sendiri, ia juga bisa didudukkan di atas bantal menyusui, karena empuk dan mampu menahan goncangan.

Bantal untuk menyusui memiliki banyak manfaat untuk bayi dan ibunya. Bayi minum ASI dengan lancar karena posisi antara mulutnya dengan puting sempurna. Bayi juga terhindar dari muntah dan gumoh, karena posisi kepalanya lebih tinggi dari badannya dan mencegah mual. Anda  terhindar dari pegal akibat menahan posisi menyusui. Temukan bantal ini hanya di Blibli.

admin
shares