Cara Melihat Perguruan Tinggi Swasta yang Terdaftar di Dikti

Cara Melihat Perguruan Tinggi Swasta yang Terdaftar di Dikti

Seperti yang kita ketahui bahwa pemerintah sudah membentuk sebuah badan independen yang memiliki tanggung jawab serta kewenangan untuk melakukan akreditasi atau status pada institusi pendidikan khususnya pendidikan tinggi. Beberapa pendidikan tinggi yang sudah masuk untuk diakreditasi seperti, Universitas, Politeknik serta Akademik baik  swasta dan negeri.

Lembaga yang mempunyai kewenangan ini biasanya disebut dengan BAN-PT atau Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. BAN PT merupakan sebuah langkah penting khususnya untuk institusi pendidikan karena akreditasi ini akan mengacu pada standar nasional pendidikan yang ada di negara ini.

Untuk mengetahui data perguruan tinggi yang ada di Indonesia yang valid, dikenal dengan yang namanya Dikti, karena Dikti inilah yang mempunyai data lengkap tentang seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia, baik dari Perguruan Tinggi Negeri sampai dengan Perguruan Tinggi Swasta.

Definisi DIKTI untuk sebuah Universitas

Dikti merupakan kepanjangan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Website Dikti membahas banyak informasi tentang para dosen, mahasiswa serta peraturan perundangan dengan lamannya adalah forlap.ristekdikti.go.id. Setiap data yang tidak terdaftar dalam laman tersebut maka akan mendapat banyak kerugian.

Salah satu kerugian yang mungkin akan diterima bagi mahasiswa yang tidak terdaftar akan sulit mendapatkan rujukan dan sulit untuk melakukan penelitian.  Bukan hanya itu saja tetapi data mahasiswa yang terdaftar di Dikti akan menjadi sangat penting ketika seorang mahasiswa ingin pindah ke perguruan tinggi lain.

Intinya adalah Dikti merupakan sumber data yang mencakup banyak data mahasiswa seperti profile mahasiswa, informasi program studi dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Sehingga keberadaannya begitu penting untuk melihat status mahasiswa dan universitasnya apakah masih aktif atau tidak.

Cara Melihat Daftar Perguruan Tinggi Swasta yang Terdaftar Di Dikti

Bagi anda calon mahasiswa yng ingin mencari perguruan tinggi favorit, terbaik dan berkualitas sekarang anda sudah bisa mengaksesnya langsung ke laman forlap.ristekdikti.go.id. Laman ini merupakan sumber informasi yang berasal dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) dimana lembaga ini mengumpulkan banyak data perguruan tinggi secara nasional yang dikelola langsung oleh pusat data dan Informasi Iptek Dikti. Nah, jika Anda ingin mencari tahu tentang cara melihat perguruan tinggi swasta yang terdaftar di Dikti,sebaiknya simak penjelasan selengkapnya di bawah ini:

  1. Anda bisa mengunjungi laman dikti di http://forlap.dikti.go.id/.
  2. Pada halaman laman PDDikti, silakan klik menu “Pencarian Data”.
  3. Jika anda ingin mencari profil perguruan tinggi swasta maka klik pada menu “Pencarian Data”.
  4. Klik submenu Profil Perguruan Tinggi pada laman tersebut.
  5. Disini anda akan menemui beberapa kolom yang harus diisi seperti, provinsi, lingkup koordinasi, jenis perguruan tinggi, status perguruan tinggi, nama perguruan tinggi, dan juga pertanyaan keamanan.
  6. Lalu masukkan kode captcha yang tertera dengan benar lalu klik ” Cari Perguruan Tinggi”.
  7. Jika pengisian dilakukan dengan benar maka akan muncul apa yang anda inginkan dengan detail.

Ketika Anda tahu bagaimana cara melihat perguruan tinggi swasta yang terdaftar di Dikti maka akan memudahkan anda untuk memutuskan ingin kuliah dimana. Semakin banyak informasi yang Anda dapat maka semakin akan meyakinkan anda harus memilih universitas seperti apa.

Demikianlah beberapa informasi mengenai cara melihat perguruan tinggi swasta yang terdaftar di Dikti yang harus dipahami bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri ke universitas tertentu.

shares