Feminisme Adalah ? Yuk Kenali Lebih Dekat Untuk Kehidupan Dunia yang Lebih Indah

Feminisme

Feminisme merupakan salah satu kata yang sering kita dengar di zaman modern ini. Sebenarnya apa pengertian dari feminisme? banyak orang yang belum tahu arti feminisme secara detail dan apa saja yang ada di dalamnya. Feminisme adalah sebuah gerakan yang di dalamnya menuntut kesetaraan hak dan keadilan dengan pria. Feminisme berasal dari bahasa latin “Femina” yang artinya perempuan, dan mulai dikenal sejak tahun 1980-an. Gerakan ini lahir sejak abad 18 dan semakin berkembang pesat hingga zaman modern seperti sekarang ini. Salah satu pahlawan Indonesia yang mendukung adanya feminisme adalah Raden Ajeng Kartini.

Berikut ini adalah alasan kenapa Feminisme penting dalam kehidupan di dunia ini.

  • Kita hidup di zaman modern abad 21

Di zaman modern ini orang-orang mulai bersikap terbuka, perempuan tidak lagi dijadikan sebagai makhluk rendah yang dilarang mengeluarkan pendapat dan lainnya. Generasi di abad 21 mulai meninggalkan peraturan dan pandangan kuno. Apalagi di zaman modern ini ada banyak sekali komunitas atau kelompok feminisme yang memperjuangkan hak dan keadilan mereka.

  • Ketahuilah feminisme tidak hanya tentang perempuan

Feminisme tidak hanya melibatkan perempuan saja, tetapi feminisme juga melibatkan laki-laki. Di zaman sekarang ini seorang ayah tidak hanya akan menyekolahkan anak laki-laki saja, namun anak perempuan juga bisa sekolah apalagi jika nilai-nilai yang dimilikinya lebih besar dan bagus dibanding dengan anak laki-laki.

  • Banyak wanita yang menikah di bawah umur dan mengalami catcalling di jalan

Walaupun zaman sekarang sudah banyak pembela feminisme namun masih banyak perempuan yang menikah dalam usia yang belia. Bahkan yang lebih memprihatinkan banyak dari mereka yang masih mengalami catcalling atau panggilan yang berkaitan dengan seksual.

  • Dunia hanya terpaku bagaimana cara perempuan menghindari kejahatan seksual, dan lupa cara laki-laki untuk menghindari pelecehan atau kejahatan seksual pada perempuan.

Perempuan selalu di ajarkan untuk berhati-hati dengan laki-laki, tetapi laki-laki tidak diajarkan untuk tidak menyentuh perempuan tanpa izin.

Berikut ini adalah jenis-jenis feminisme yang ada di dunia ini :

  1. Feminisme liberal

Adalah feminisme yang menganut paham kebebasan, dalam paham ini laki-laki dan perempuan adalah makhluk yang sama, serasi, seimbang dan harusnya tidak ada penindasan di antara keduanya. Gerakan feminisme liberal memiliki tokoh utama yaitu Mary Wollstonecraft yang sudah menerbitkan buku berjudul “Vindication of Right of Woman”.

  1. Feminisme Komunis

Feminisme komunis memandang bahwa perempuan tertinggal di banding laki-laki disebabkan oleh kapitalisme pada sebuah Negara. Mereka menganggap bahwa laki-laki mengontrol produksi sehingga memiliki kedudukan yang tinggi. Karena kedudukan yang tinggi tersebut mereka mudah menindas perempuan.

  1. Feminisme Sosialis

Pada feminisme sosialis mereka beranggapan bahwa kapitalis bukan sumber dari rendahnya kedudukan wanita.

  1. Feminisme Radikal

Pada paham ini mereka menuntut kesamaan kedudukan antara perempuan dan laki-laki khususnya dalam struktur social seperti keluarga.

  1. Feminisme Anarkis

Merupakan paham feminisme ekstrim yang menganggap bahwa Negara  dan laki-laki adalah pusat permasalahan perempuan.

  1. Feminisme Post Modern

Yaitu feminisme yang berkembang di zaman modern ini, dalam kelompok ini perempuan bebas menjadi apapun yang diinginkan, mereka bebas beropini dan berpendapat.

Adanya feminisme dalam kehidupan memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan yang bisa kita ketahui adalah kelompok ini akan lebih peka terhadap ketidakadilan, kekurangannya adalah terlalu menyalahkan kaum laki-laki dan bertentangan dengan agama.

shares