Hindari Kesalahan Dalam Melakukan Kredit Motor

Hindari Kesalahan Dalam Melakukan Kredit Motor

Sepeda motor menjadi kendaraan yang paling popular di Indonesia. Hampir semua penduduk Indonesia pasti memilikinya. Apalagi saat ini memiliki sepeda motor lebih mudah, dengan adanya kredit motor. Banyak dealer sepeda motor yang memberikan kredit dengan suku bunga yang rendah. Namun sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan.

Kesalahan Saat Kredit Motor Yang Harus Dihindari

Banyak pembeli yang salah melakukan kredit, akhirnya merugikan dirinya sendiri. Anggaran keuangan juga menjadi rusak. Jika ingin mengambil kredit motor, hindari kesalahan berikut ini.

  • Tidak Menghitung Kondisi Keuangan Sendiri

Sebelum memutuskan kredit motor, anda harus menghitung kondisi keuangan dengan baik. Ada banyak biaya yang harus dikeluarkan. Seperti uang muka, biaya administrasi, cicilan per bulan dan nantinya. Semua itu harus dipertimbangkan dengan baik, supaya tidak menjadikan masalah di kemudian hari.

Perhitungan yang tepat adalah cicilan maksimal 30% dari gaji. Jika melebihi jumlah tersebut, lebih baik ganti motor yang harganya lebih murah. Jika anda tidak memperhitungkan kondisi keuangan dengan baik, anda bisa terlilit hutang. Jadi selalu perhitungan dengan baik, supaya keuangan anda tetap baik.

  • Memilih perusahaan leasing yang salah

Ada banyak perusahaan leasing di Indonesia. Setiap perusahaan berlomba-lomba memberikan yang penawaran terbaik. Dari kemudahan pencairan, besar bunga, besar uang muka, tenar pinjaman dan lainnya. Namun jangan mudah percaya dengan hal itu. Anda harus memperhitungkan dengan baik,

Bandingkan satu perusahaan leasing dengan lainnya. Sehingga anda menemukan perusahaan yang berkualitas dan terbaik. Cari tahu kredibilitas dari perusahaan tersebut. Lebih baik memilih perusahaan yang sudah direkomendasikan saudara atau teman. Selain itu perusahaan harus terdaftar di asosiasi perusahaan pembiayaan Indonesia.

  • Memilih Tenor Kredit Yang Terlalu Panjang

Supaya cicilannya rendah, banyak orang yang memilih jangka waktu kredit terlalu panjang. Penawaran ini memang sangat menguntungkan. Namun bila diperhitungkan dengan baik, ada banyak kerugian yang didapatkan. Salah satunya besar total cicilan yang terlalu besar. Tambahan bunganya akan semakin banyak.

Hutang cicilan yang anda miliki semakin banyak. Bahkan selisih harganya sangat besar dibandingkan membeli tunai. Oleh karena itu selalu perhatikan besar bunganya. Kemudian hitung jangka waktu yang tepat, supaya cicilan motor anda tidak terlalu lama. Pastikan sesuaikan besar cicilan dengan kemampuan anda.

  • Tidak Cek Tanggal Pembayaran

Membayar cicilan sepeda motor, harus dilakukan sebelum atau tepat tanggal pembayaran yang sudah ditentukan. Bila pembayaranya telat, akan dikenakan denda. Setiap perusahaan leasing memiliki ketentuan besar denda yang berbeda-beda. Oleh karena itu selalu bayar cicilan tepat waktu. Jika sudah gajian, langsung bayar cicilan tersebut.

Saat melakukan kredit, jangan lupa untuk menanyakan besar denda yang harus dibayarkan. Kemudian buatlah peringatan di smartphone anda. Sehingga tahu kapan waktunya membayar cicilan kredit motor anda.

  • Tidak Menggunakan Asuransi Kendaraan

Inilah kesalahan yang sering dilakukan banyak orang. Karena merasa tidak butuh atau tidak percaya dengan asuransi, banyak pembeli yang memilih tidak menggunakan asuransi kendaraan. Padahal asuransi kendaraan memberikan banyak keuntungan. Bila terjadi kehilangan atau kecelakaan, anda tidak perlu memikirkan biaya perbaikan.

Namun kekuranganya, ada tambahan biaya yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Selain membayar cicilan sepeda motor. Anda harus membayar biaya asuransi kendaraan. Pilihlah asuransi kendaraan yang bagus. Dengan syarat dan ketentuan yang tidak terlalu memberatkan. Anda bisa melakukan survey terlebih dahulu untuk memilih perusahaan yang tepat.

  • Tidak Tahu Kapan BPKB Dapat Diambil

BPKB atau buku pemilikan kendaraan bermotor, akan diberikan pada anda bila administrasi sudah selesai. Namun tidak jarang, perusahaan leasing yang nakal. Mereka mempersulit proses pengambilan BPKB. Oleh karena itu, anda harus tahu kapan waktunya pengambilan BPKB. Karena itu dokumen yang menjadi hak anda.

Ketika ingin kredit motor, pastikan selalu teliti. Jangan gegabah dan mudah percaya dengan orang. Lakukan pertimbangan dengan sebaik mungkin. Bandingkan satu leasing dengan yang lainnya. Sehingga mendapatkan sepeda motor di perusahaan leasing yang tepat. Karena banyak perusahaan leasing yang tidak bertanggung jawab. Sekian informasi kali ini, semoga bermanfaat.

shares