Hoax Banyak Beredar di Berita Nasional, Apa Tujuannya?

Hoax Banyak Beredar di Berita Nasional

Kata hoax berasal dari bahasa Inggris yang artinya tipuan, menipu ataupun bohong. Berita hoax yang saat ini makin sering Anda temui baik itu di berita nasional, lokal, regional maupun internasional seringkali memberikan hal bohong dengan tujuan tertentu. Adanya berita hoax ini adalah sebagai usaha penipuan yang mengakali pembaca.

Mereka berharap, pembaca akan mudah mempercayainya dan menyerang pihak yang diberitakan dalam berita tersebut. Pertanyaannya sekarang adalah, mengapa orang-orang menyebarkan berita hoax dan apa tujuannya? Apa yang mereka dapatkan dari membuat berita hoax tersebut? Untuk tahu jawabannya? Anda bisa membaca rinciannya di bawah ini!

Mengapa Orang Membuat Berita Hoax dan Apa Tujuannya?

Biasanya, menerbitkan sebuah berita hoax disengaja oleh pelakunya. Mereka sengaja membuatnya untuk membuat sensasi yang menarik perhatian banyak pembaca. Dengan begini, blog ataupun website yang mereka miliki ramai pengunjung. Ini jelas bisa menarik rating blog ataupun website tersebut.

Sebab, sekarang ini ada banyak sekali orang yang mudah termakan berita hoax. Berita sejenis ini adalah berita yang manjur untuk menarik perhatian pembaca. Sebagian pembuat berita hoax lain sengaja membuat berita jenis ini sebagai jalan pintas untuk mempopulerkan blog-nya.

Selain untuk meningkatkan rating, biasanya isu berita nasional yang diangkat dalam berita hoax ini juga memiliki tujuan lain. Misalnya kepentingan tertentu pembuat, pesanan atau rekayasa si penulis untuk menjatuhkan orang ataupun instansi tertentu. Bisa juga sebagai doktrin sesat kepada pembacanya.

Tujuan dari pembuatan berita hoax ini jelas untuk menipu dan mengakali pembaca ataupun pendengarnya. Pesatnya perkembangan dunia massa seperti media online dimanfaatkan banyak orang untuk menyebar berita bohong ini. Apalagi, pengawasan terhadap peredaran berita seperti ini dari lembaga terkait sangatlah minim.

Hal ini menyebabkan berita hoax berkembang sangat cepat dan masif. Pembuat dan penyebarnya tidak diberikan tindakan yang memberikan efek jera. Dengan begitu, mereka akan terus membuatnya. Apalagi bila ada kepentingan tertentu di dalamnya. Seperti untuk menjatuhkan pihak tertentu atau sekedar menjatuhkan.

Apa Keuntungan yang Didapat?

Mungkin Anda bertanya apa keuntungan yang didapat pihak penulis dengan membuat dan menyebarkan berita hoax? Menyinggung masalah ini, jelas ada keuntungan yang didapat oleh pembuat dan penyebar berita hoax. Misalnya saja web dari penulis menjadi ramai dan sering dikunjungi pembaca dari berita nasional itu, mereka bisa menjualnya dengan harga tinggi.

Selain itu, berita hoax juga bisa menaikkan rating blog sehingga bisa membuat pembayaran Google Adsense makin besar. Misalnya saja ada seorang pembuat berita hoax yang aktif di blog, semenjak pemerintahan Presiden Jokowi, ia berhasil meraup untung 400 juta rupiah dalam setahun dari Google Adsense di blog-nya dari menyebarkan berita hoax pemerintahan.

Untuk mengatasi berita hoax ini sebenarnya cukup mudah. Paling penting mulai dari diri Anda terlebih dulu. Biasanya, berita hoax memiliki judul yang provokatif dan menarik. Jangan langsung percaya dengan judul berita bernada seperti ini. Carilah kebenarannya terlebih dulu di beberapa tempat lain. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari berita hoax ini.

Nah, sekarang sudah tahukah apa tujuan dari pembuat berita hoax yang berembel berita nasional yang sering Anda temukan di media daring? Bila Anda benar ingin membaca sebuah berita, baiknya memilih situs terpercaya. Jangan mudah mempercayai berita yang berasal dari sebuah blog ataupun website biasa yang belum bisa dipastikan kebenaran dari beritanya.

admin
shares