Ini Dia Perlengkapan Mendaki yang Tidak Boleh Diabaikan

Ini Dia Perlengkapan Mendaki yang Tidak Boleh Diabaikan

Melakukan kegiatan di alam yang terbuka seperti mendaki gunung tentunya menjadi salah satu aktivitas yang sangatlah menyenangkan dan memberikan tantangan tersendiri bagi diri sendiri. Bagi Anda yang menyukai dunia petualangan seperti mendaki gunung, tentunya sudah mengetahui beberapa perlengkapan mendaki yang memang tidak boleh untuk abaikan begitu saja sekaligus Anda juga harus mempersiapkan segala halnya dengan matang baik itu persiapan mental, persiapan fisik, maupun peralatan.

Sedangkan peran dari peralatan menjadi persiapan yang tidak boleh untuk diabaikan. Karena banyaknya perlengkapan yang harus dipenuhi, maka hal inilah yang membutuhkan persiapan dengan matang sebelum berangkat. Beberapa peralatan mendaki yang digunakan pada umumnya yaitu tenda, tempat tidur praktis atau sleeping bag, sepatu mendaki, jaket, raincoat atau jas hujan, pakaian, backpack atau tas mendaki, senter, kompas, GPS dan cooking tool atau peralatan masak.

Meski dari sekian banyaknya peralatan tersebut sudah dipersiapkan dengan matang, namun tidak jarang diantara para pendaki juga melupakan pada beberapa peralatan yang memang sangat penting untuk dibawa dan tidak boleh diabaikannya. Meskipun perlengkapan yang sering kali dilupakan ini, namun perannya pun juga sangatlah penting yang akan membantu diri Anda selama berada di gunung nantinya. Jika Anda ingin kegiatan di alam bebas dapat berjalan dengan baik, maka jangan lupakan perlengkapan berikut.

Inilah daftar perlengkapan mendaki yang tidak boleh diabaikan, yaitu:

  • Peralatan P3K.

Peralatan P3K sangat membantu diri Anda pada saat berada dalam kondisi yang darurat atau bahkan mengancam pada keselamatan pendakinya. Sehingga jangan sampai Anda menjadi pendaki yang melupakan perlengkapan penting seperti P3K. perlengkapan P3K yaitu seperti perban, alkohol, obat-obatan ringan, minyak angin dan yang lainnya.

  • Pisau Saku.

Medan berat yang nantinya harus Anda lalui tentunya juga membutuhkan peralatan berupa pisau saku untuk membuat api, memotong, menggunting, dan untuk hal yang lainnya.

  • Masker.

Masker ini memiliki peran untuk melindungi pernafasan Anda dari polusi, dari asap abu vulkanik, maupun melindungi Anda dari cuaca dingin. Jika Anda lupa membawa masker, maka Anda dapat menggunakan slayer maupun kain.

  • Trash Bag atau plastik packing.

Plastik packing ini memiliki kegunaan untuk membungkus pakaian Anda yang sudah dipakai, untuk melindungi peralatan agar terhindarkan dari hujan, untuk menyimpan sampah. Karena nantinya Anda di gunung dilarang membuang sampah sembarangan, sehingga peran plastik tidak boleh Anda abaikan.

  • Tali atau webbing.

Tali atau webbing berguna untuk memenuhi keperluan mendaki untuk menyambung tali, sebagai alat lining, sebagai pengganti guideline di tenda, dan untuk kebutuhan yang lainnya.

Dengan melihat k 5 benda yang sering kali dilupakan seperti yang ada di atas, maka hal inilah yang akan membantu diri Anda agar tidak melakukan kesalahan dengan melupakan pada beberapa hal penting yang memang tidak boleh Anda abaikan begitu saja. Meskipun ke 5 benda yang ada di atas sering kali Anda lupakan, namun ke 5 benda yang ada di atas memiliki peran yang sangatlah penting.

Apabila Anda menginginkan kegiatan di alam bebas dapat berjalan dengan baik, maka jangan sampai Anda melupakan pada beberapa hal penting yang memang tidak boleh diabaikan begitu saja. Seperti pada ke 5 perlengkapan mendaki yang ada di atas yang akan membantu iri Anda selama Anda berada dalam kondisi yang darurat, sehingga persiapan dengan matang dan dari jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan.

admin
shares