Keuntungan Membeli Rumah Lewat KPR atau Pengembang

Keuntungan Membeli Rumah Lewat KPR atau Pengembang

Saat membeli rumah, ada dua cara yang bisa anda pakai. Pertama adalah secara tunai dan juga secara kredit. Untuk kredit sendiri, masih ada dua cara yang bisa anda gunakan. Yang pertama ialah membeli rumah secara KPR dan yang kedua adalah membeli rumah secara kredit lewat pengembang. Dua cara ini sudah umum digunakan masyarakat. Hanya saja, ada keuntungan dan kelebihan dari masing-masing cara.

Membahas soal keuntungan dan kelebihan kredit dengan KPR atau pengembang, anda bisa melihat dulu mana yang kira-kira paling menguntungkan. Semua aspek ini bisa dilihat dari plus minus yang dimiliki masing-masing cara. Misalnya untuk anda yang ingin membeli rumah di daerah Citayam. Anda bisa mencari info dulu seputar rumah dijual di Citayam, lalu pilih akan membeli lewat KPR atau pengembang.

Keuntungan yang Didapat dari KPR Rumah

Sebenarnya, baik dengan KPR maupun langsung lewat pengembang, ada hal baik dan buruk yang akan anda temui. Namun, kali ini anda hanya akan berfokus pada keuntungan yang bisa anda dapatkan jika memilih membeli uang lewat KPR yakni sebagai berikut:

  1. Tidak Harus Punya Uang Full

Bagi anda yang ingin memiliki rumah namun belum punya uang banyak, KPR bisa jadi solusi. Dengan KPR, anda bisa mencicil rumah secara berkala. Hal ini akan memudahkan anda dalam membeli rumah tanpa harus menunggu waktu lama. Anda bisa langsung menempati rumah meski pembayaran belum selesai.

Sistem yang ditawarkan ialah dengan model uang muka atau down payment (DP). Jika anda ingin merenovasi rumah pun tidak perlu ribet karena anda hanya perlu membayar sekitar 10-20% dari harga asli rumah. Namun itu semua tergantung dari bank yang anda gunakan karena setiap bank memiliki prosedur tersendiri.

  1. Pasti Mendapat Rumah

Berbeda dengan pengembang, membeli rumah dengan sistem KPR memberikan kepastian kepemilikan rumah bagi pembeli. Jadi anda sudah pasti akan mendapatkan rumah baru. Sedangkan jika lewat pengembang, anda belum bisa memastikan rumah impian anda ada atau tidak.

Jika menggunakan KPR, anda hanya harus mengurus berbagai dokumen seperti sertifikat tanah yang nantinya harus di balik namakan. Setelah dokumen beres, dokumen akan disita bank terlebih dahulu sampai angsuran atau kredit sudah lunas, Baru setelah itu semua dokumen rumah bisa anda miliki sendiri.

  1. Lebih Terjamin Secara Hukum

Karena melibatkan pihak bank, bisa dipastikan proses jual beli melalui KPR memiliki dasar hukum yang jelas. Ini karena saat akan melakukan transaksi, ada notaris yang disediakan oleh bank untuk mengurus semua dokumen dan legalitas jual beli. Jadi anda tidak perlu khawatir soal keaslian atau sah tidaknya sertifikat rumah tersebut.

  1. Lebih Ringan

Meski awalnya terasa berat, angsuran melalui KPR akan terasa mudah di kemudian hari. Ini karena pendapat pemilik juga akan terus bertambah. Angsuran yang bersifat tetap membuat anda bisa mengatur keuangan secara terencana. Bahkan mudahnya sistem pembayaran ini membuat banyak orang bisa melunasi tagihan sebelum waktu yang ditentukan selesai.

  1. Investasi Menjanjikan

Setiap tahunnya, harga rumah akan terus naik. Dengan membeli rumah lebih awal, anda bisa berinvestasi jangka panjang. Rumah yang anda beli ini bisa dijual kembali dengan harga lebih tinggi. Apalagi jika rumah anda terletak di daerah strategis dan punya akses yang terjangkau. Jadi, jika anda sudah memiliki uang, ada baiknya segera berinvestasi dengan membeli rumah.

Keuntungan Membeli Rumah Lewat Pengembang

Selain lewat KPR, anda juga bisa membeli lewat pengembang. Tak kalah dari KPR, pembelian lewat pengembang juga memiliki banyak keuntungan. Keuntungan ini tentu memudahkan anda terutama bagi pasangan muda yang ingin membeli rumah. Berikut keuntungannya :

  1. Tidak Pakai DP

Jika KPR butuh DP, pembelian lewat pengembang tidak butuh DP atau uang muka. Anda hanya perlu menyiapkan uang booking agar rumah tidak dibeli orang lain. Dengan uang booking ini, anda memberikan kepercayaan pada pengembang bahwa anda akan membeli rumah tersebut.

  1. Bisa Jadi Lebih Hemat

Membeli lewat pengembang bisa jadi lebih menghemat biaya. Ini karena anda bisa menawar harga langsung dengan pengembang tanpa perantara prosedur. Hal itu tentu bisa membuat anda lebih hemat lagi.

  1. Tanpa Bunga

Jika KPR biasanya memberikan bunga, berbeda dengan pembelian lewat pengembang. Pembelian lewat pengembang tidak mengadakan bunga. Hal ini membuat transaksi anda lebih mudah dan hemat. Pengembang hanya membutuhkan uang booking di awal saja.

  1. Lebih Cepat

Proses pembelian lewat pengembang akan lebih mudah daripada KPR. Ini karena hubungan transaksi hanya berpusat pada pembeli dan pengembang. Anda tidak perlu berhubungan dengan pihak lain. Hal ini membuat pembelian akan lebih mudah, cepat dan tidak rumit.

  1. Cicilan Lebih Fleksibel

Salah satu yang menguntungkan dari transaksi ini adalah waktu cicilan yang lebih fleksibel. Ini karena anda bisa bernegoisasi dengan pengembang. Anda bisa memutuskan waktu kredit sendiri dengan pengembang tanpa harus memedulikan prosedur. Anda bisa bernegosiasi dengan pengembang bagaimana kesanggupan anda membayar. Tentu ini akan sangat memudahkan.

Dari ulasan keuntungan dua cara transaksi di atas, anda akan lebih mudah memilih transaksi mana yang lebih menguntungkan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan dua cara ini bisa anda gunakan untuk membeli rumah di banyak lokasi. Misalnya bagi anda yang tinggal di Citayam, anda bisa mencari rumah dijual di Citayam lalu membelinya dengan KPR atau pengembang.

shares