Mengenal Terminologi Cloud Computing yang Sering Dipakai

Mengenal Terminologi Cloud Computing yang Sering Dipakai

Anda yang selalu berhubungan dengan dunia IT paham apa yang dimaksud dengan cloud computing atau disebut juga dengan komputasi awan. Ini adalah kombinasi pemanfaatan teknologi komputer dengan pengembangan yang berbasis internet atau dengan kata lain teknologi jaringan internet itu sendiri. Tapi, seperti apa sih terminologi dari ini?

  1. Public Awan

Terminologi pertama adalah Public Awan. Jenis yang satu ini adalah layanan komputasi awan yang paling sering digunakan masyarakat pada umumnya. Anda sebagai pengguna hanya perlu mendaftar ataupun bisa langsung memakai layanan yang sudah disediakan tersebut. Saat ini, Anda bisa menemukan banyak layanan yang satu ini secara gratis.

Selain itu, ada juga yang perlu bayar  agar Anda bisa menikmati layanan yang disediakan. Beberapa contoh Public Awan yang gratis adalah Windows Live Mail. GoogleMail, Facebook dan lain sebagainya. Sedangkan yang berbayar seperti SalesForce, Office 465, Adobe Creative, Windows Azure dan masih banyak lagi.

Keuntungan menggunakan yang satu ini adalah Anda tak perlu melakukan investasi dan merawat infrastruktur yang ada. Tinggal pakai saja sejauh keperluan Anda. Sedangkan kerugiannya, penggunaannya sangat bergantung dengan kualitas layanan jaringan internet Anda. Selain itu, tidak semua penyedia layanan juga menjamin keamanan data pengguna.

  1. Private Awan

Private Awan dalam komputasi awan ini disediakan untuk memenuhi kebutuhan internal organisasi ataupun sebuah perusahaan. Biasanya, yang berperan dalam hal ini adalah service provider dan pemakai saja. Service provider di sini bertanggung jawab penuh dalam menjalankan layanan agar bisa baik.

Contoh dari private cloud ini adalah Web Application Internal, Sharepoint, Mail Server Internal dan lain sebagainya. Keunggulan menggunakan ini adalah data terjamin, hemat bandwicth, prosesnya juga tidak tergantung jaringan internet. Untuk kerugina, investasinya harus besar dulu agar bisa menggunakan ini.

  1. Hybrid

Terakhir adalah jenis Hybird. Ini sebenarnya adalah penggabungan dari Public dan Private Awan. Anda bisa emmilih proses bisnis mana yang bisa dipindahkan ke bagian publik dan maka yang harus di privasi. Keuntungan menggunakan ini adalah data yang Anda miliki lebih terjamin karena dikelola sendiri.

Selain itu, Anda juga bisa lebih leluasa dalam memilih proses bisnis yang harus tetap dijalankan secara privat dan mana yang bisa secara publik sehingga intergritas di antara keduanya bisa terjamin. Untuk kerugiannya adalah Anda butuh integrasi yang matang antara keduanya. Oleh sebab itu, Anda harus memikirkannya matang-matang sebelum memakainya.

Lintasarta Layanan Terbaik

Setelah Anda tahu berbagai terminologi dari layanan komputasi awan itu sendiri, sekarang saatnya memilih layanan terbaik untuk kebutuhan Anda. Tak usah bingung, Anda bisa memilih Lintasarta saja sebagai pilihannya. Lintasarta menyediakan solusi untuk web, aplikasi hingga hosting dengan konsolidasi yang aman dan tidak terganggu dari pihak luar.

Selain itu, jalannya juga mudah dan Anda bisa hemat biaya karena tak harus membangun infrastruktur IT sendiri. Dengan begitu, kelancaran bisnis Anda bisa lebih terjamin dan pada akhirnya daya saing dari perusahaan Anda pun akan lebih tinggi. Lintasarta sediakan layanan yang bisa diakses 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu sehingga lebih maksimal.

Nah, sudah tahu apa saja terminologi dari cloud computing itu, kan? Sudah menentukan mana yang akan digunakan? Manapun yang dipilih, Anda bisa percayakan Lintasarta sebagai penyedia layanan terbaik. Dengan menggunakan Lintasarta, bisnis perusahaan Anda dijamin akan berjalan lancar dan pertumbuhannya juga akan semakin baik. Keamanan pun terjamin!

shares