Mengetahui Secara Mendetail penyebab perlemakan hati yang Perlu Anda Ketahui

Mengetahui Secara Mendetail penyebab perlemakan hati yang Perlu Anda Ketahui

Hati, yang terletak di sisi kanan atas perut, adalah organ internal terbesar dari tubuh manusia. Fungsi utama hati adalah untuk menghilangkan racun dan memproses nutrisi makanan. Darah dari sistem pencernaan disaring melalui hati sebelum bepergian ke tempat lain di dalam tubuh.

Penyakit perlemakan hati (steatosis) adalah penumpukan kelebihan lemak dalam sel-sel hati, dan merupakan keluhan hati yang umum di negara-negara Barat. Ini mempengaruhi sekitar satu dari setiap 10 orang. Adalah normal bagi hati untuk mengandung beberapa lemak, tetapi jika lemak menyumbang lebih dari 10 persen dari berat hati, maka Anda memiliki perlemakan hati dan Anda mungkin mengalami komplikasi yang lebih serius.

Perlemakan hati mungkin tidak menyebabkan kerusakan, tetapi kadang-kadang kelebihan lemak menyebabkan peradangan hati. Kondisi ini, disebut steatohepatitis, memang menyebabkan kerusakan hati. Terkadang, peradangan dari perlemakan hati dikaitkan dengan penyalahgunaan alkohol. Ini dikenal sebagai steatohepatitis alkoholik. Kalau tidak, kondisi ini disebut steatohepatitis non-alkohol, atau NASH. Hati yang meradang bisa menjadi bekas luka dan mengeras seiring waktu. Kondisi ini, yang disebut sirosis, serius dan sering menyebabkan gagal hati. NASH adalah salah satu dari tiga penyebab utama sirosis.

Penyebab penyakit hati berlemak

Makan kelebihan kalori menyebabkan lemak menumpuk di hati. Ketika hati tidak memproses dan memecah lemak seperti biasanya, terlalu banyak lemak akan menumpuk. Orang cenderung mengembangkan perlemakan hati jika mereka memiliki kondisi lain tertentu, seperti obesitas, diabetes atau trigliserida tinggi. Penyalahgunaan alkohol, penurunan berat badan yang cepat dan kekurangan gizi juga dapat menyebabkan perlemakan hati. Namun, beberapa orang mengembangkan perlemakan hati bahkan jika mereka tidak memiliki kondisi ini.

Gejala

Penyakit perlemakan hati kadang-kadang disebut penyakit hati diam. Ini karena itu bisa terjadi tanpa menimbulkan gejala apa pun. Kebanyakan orang dengan NAFLD hidup dengan lemak di hati mereka tanpa mengalami kerusakan hati. Beberapa orang yang memiliki lemak di hati mereka mengalami NASH. Jika Anda memiliki NASH, Anda mungkin memiliki gejala yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk berkembang. Jika kerusakan hati akibat NASH menyebabkan jaringan parut dan pengerasan hati yang permanen, ini disebut sirosis. Gejala dari NASH mungkin termasuk:

  • Keletihan yang parah
  • Kelemahan
  • Penurunan berat badan
  • Kulit atau mata menguning
  • Pembuluh darah seperti laba-laba di kulit
  • Gatal yang tahan lama

NASH yang berubah menjadi sirosis dapat menyebabkan gejala seperti retensi cairan, perdarahan internal, pengecilan otot, dan kebingungan. Orang dengan sirosis dari waktu ke waktu dapat mengalami gagal hati dan membutuhkan transplantasi hati.

Diagnosa

Penyakit perlemakan hati dapat terjadi tanpa menimbulkan gejala apa pun. Biasanya didiagnosis ketika Anda memiliki tes darah rutin untuk memeriksa hati Anda. Penyedia layanan kesehatan Anda mungkin mencurigai penyakit perlemakan hati dengan hasil tes abnormal, terutama jika Anda mengalami obesitas.

Studi pencitraan hati Anda mungkin menunjukkan timbunan lemak. Beberapa tes pencitraan, termasuk ultrasound khusus dan pemindaian MRI dapat membantu mendiagnosis penyakit dan menemukan jaringan parut di hati. Tetapi satu-satunya cara untuk memastikan bahwa penyakit perlemakan hati adalah satu-satunya penyebab kerusakan hati adalah dengan biopsi hati. Biopsi hati melibatkan pengambilan sampel jaringan hati Anda dengan jarum. Jarum mengangkat sepotong kecil jaringan hati yang dapat dilihat di bawah mikroskop. Begini cara penyedia layanan kesehatan Anda membuat diagnosis:

Pengobatan

Jika Anda menderita NAFLD tanpa masalah medis lain, Anda tidak perlu perawatan khusus. Tetapi melakukan beberapa perubahan gaya hidup dapat mengendalikan atau membalikkan penumpukan lemak di hati Anda. Ini mungkin termasuk:

  • Kehilangan berat
  • Menurunkan kolesterol dan trigliserida Anda
  • Mengontrol diabetes Anda
  • Menghindari alkohol

Jika Anda memiliki NASH, tidak ada obat yang tersedia untuk membalikkan penumpukan lemak di hati Anda. Dalam beberapa kasus, kerusakan hati berhenti atau bahkan berbalik sendiri. Tetapi pada orang lain, penyakit ini terus berkembang. Jika Anda memiliki NASH, penting untuk mengontrol kondisi apa pun yang dapat menyebabkan penyakit hati berlemak. Perawatan dan perubahan gaya hidup dapat meliputi:

  • Kehilangan berat
  • Obat untuk mengurangi kolesterol atau trigliserida
  • Obat untuk mengurangi tekanan darah
  • Obat untuk mengendalikan diabetes
  • Obat pembatas OTC
  • Menghindari alkohol

Beberapa obat sedang dipelajari sebagai perawatan yang mungkin untuk NASH. Ini termasuk antioksidan seperti vitamin E. Para ilmuwan juga mempelajari beberapa obat diabetes baru untuk NASH yang mungkin diberikan bahkan jika Anda tidak menderita diabetes. Namun, Anda hanya boleh minum obat ini setelah berkonsultasi dengan spesialis hati.

Sumber :

https://www.betterhealth.vic.gov.au

https://www.hopkinsmedicine.org

sumber gambar

https://www.alodokter.com

shares