Panduan Lengkap Tutorial Blander 3D Animation Bagi Pemula

Panduan Lengkap Tutorial Blander 3D Animation Bagi Pemula

Blander merupakan salah satu software aplikasi 3D animation yang bisa didapatkan secara gratis. Blander juga merupakan salah satu aplikasi yang bisa dijalankan di semua sistem operasi mulai dari Linux, Mac OS, Windows, bahkan Android. Meski begitu ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seputar Blander bagi para pelajar pemula. Apa saja sih? Yuk simak ulasan berikut ini.

User Interface

Hal utama yang perli diperhatikan bagi para pelajar pemula Blander adalah user interface. Sebenarnya apa sih user interface itu? User interface merupakan jendela perintah yang berguna untuk mengoperasikan Blander 3D. Mungkin hal ini terkesan sepele, namun apa salahnya untuk mempelajarinya terlebih dahulu agar Anda semakin lihai mengoperasikannya.

Kenali Shortcut dan Perintahnya

Poin yang satu ini juga sangat penting diperhatikan bagi pemula yang ingin belajar Blander 3D. Demi memudahkan Anda saat mengoperasikan, maka tak ada salahnya untuk menghafal tentang shortcut pada Blender 3D. Shortcut pada Blander 3D ini dapat berupa tombol atau kombinasi tombol. Hal ini sangat penting, pasalnya dengan menghafal pengoperasian akan lebih mudah.

Kenali Istilah Pada Blender 3D

Sebenarnya apa sih yang akan berarti ketika Anda mempelajari sesuatu tentang Blander 3D animation tanpa mengetahui apa saja istilah pada aplikasi tersebut? Tak hanya sekadar aplikasi 3D animasi saja. Software Blander 3D juga mempunyai beberapa istilah di dalam aplikasinya yang dapat memudahkan Anda untuk mencari tutorial yang ada.

Bayangkan saja jika Anda tidak mengenal berbagai istilah pada Blander 3D, dan bagaimana cara Anda akan membuat karya? Untuk itu sebelum menggunakannya, pastikan Anda mengenal dan mengetahui istilah pada Blander 3D. Bahkan Anda juga bisa masuk ke forum pecinta Blander yang ada di dunia untuk dapat memantau perkembangan Blander 3D setiap harinya.

Belajar Modeling Terlebih Dahulu

Hal paling utama yang perlu dilakukan bagi Anda para pemula yang ingin belajar Blander 3D adalah dengan belajar modeling terlebih dahulu. Mengapa Anda harus belajar tentang modeling terlebih dahulu? Pasalnya jika Anda kurang memahami tentang teknik yang satu ini maka sebagian besar karya yang Anda kerjakan akan putus di tengah jalan bagi para pemula.

Tapologi

Lantas bagaimana dengan tapologi? Tapologi dalam Blander 3D juga merupakan poin penting yang perlu Anda kuasai sebagai pemula. Sebenarnya tapologi dalam Blander 3D merupakan bahan pertimbangan atau referensi mengenai model dna bentuk untuk membuat model 3D. Hal ini bertujuan untuk memperindah dan mempermudah struktur dari fitur-fitur Blander 3D.

Material dan Texturing di Blander 3D

Setelah menguasai teknik modeling pada Blander 3D secara mendalam, hal selanjutnya yang perlu Anda kuasai adalah memberi tekstur dan gambar pada objek yang Anda buat. Pada dasarnya teknik pewarnaan pada Blander 3D ada dua cara yaitu Blander Render dan Blander Cycles. Kedua teknik ini sangat berbeda dalam menciptakan tekstur dan warna pada model yang Anda buat.

Kenali Blender Internal dan Blender Cycles

Ya seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa keduanya memiliki peran dan fungsi yang berbeda. Untuk itu pastikan Anda mengetahui dengan pasti mengenai perbedaan dan manfaat keduanya. Cobalah untuk melakukan perbandingan antara keduanya. Manakah yang menurut Anda paling mudah dan simpel untuk digunakan bagi pemula saat menggunakan Blander 3D.

Itulah beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan ketika hendak belajar 3D animation melalui aplikasi Blander. Sebagai sorang pemula pastikan Anda menguasai dan memperhatikan beberapa poin di atas agar karya yang dihasilkan juga lebih memukau. Jangan pernah takut melakukan kesalahan. Sebab kesalahan merupakan jalan untuk mencapai keahlian.

shares