Persiapkan 5 Hal Ini Sebelum Berburu Beasiswa Kuliah

Persiapkan 5 Hal Ini Sebelum Berburu Beasiswa Kuliah

Biaya pendidikan selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Apalagi jika kita berbicara soal biaya kuliah yang semakin mahal. Baik perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS), biayanya selalu naik. Tak heran jika banyak siswa berharap untuk mendapatkan beasiswa kuliah agar mendapat keringanan biaya.

Saat ini, sudah banyak pihak yang menyediakan beasiswa kuliah. Namun, pengajuan beasiswa ini tidak lah mudah. Sebab, pemberian beasiswa diseleksi dengan ketat dan diikuti oleh banyak saingan. Kalau kamu berminat untuk berburu beasiswa kuliah, ada beberapa persiapan yang harus kamu siapkan sebelum tahun kelulusanmu.

Tingkatkan Nilai Rapor

Ya, apapun program beasiswanya, nilai rapor menjadi salah satu acuan terpentingnya. Meskipun kamu adalah siswa yang memiliki prestasi non-akademik, nilai rapor tetap penting untuk pengajuan beasiswa. Pastikan nilai rapormu berada di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sekolah, dan nilai tersebut selalu meningkat setiap semesternya. Proses seleksi beasiswa biasanya dilihat dari nilai rapor sejak semester satu hingga semester lima.

Perbanyak Pengalaman Organisasi dan Lomba

Selain nilai rapor, pengalaman siswa mengikuti organisasi dan lomba di berbagai kesempatan juga menjadi salah satu kriteria penting. Dengan mengikuti organisasi, orang lain bisa menilai bagaimana kamu menunjukkan dirimu yang sebenarnya, serta sejauh apa peranmu dalam sebuah organisasi.

Caramu berkomunikasi dan memecahkan masalah dengan orang lain juga akan terlihat. Kemudian, melalui sebuah lomba juga kamu bisa menunjukkan bakat yang dimiliki dan bagaimana kamu menghadapi sebuah kemenangan atau kekalahan dalam ajang tersebut. Tak hanya prestasi, dua hal ini akan membuatmu semakin memiliki kepribadian yang matang.

Siapkan Esai Menarik

Seleksi pemberian beasiswa juga sebagian besar disertai dengan penyertaan esai si pengaju beasiswa. Esai adalah sebuah jenis karangan mengenai penjabaran pendapat sang penulis terhadap suatu masalah. Esai ditulis bebas karena berisi pendapat penulis. Jadi, jangan harap kamu bisa menyontek esai orang lain.

Penyedia beasiswa nantinya akan menentukan tema esai sebelum kamu menulisnya. Secara teknik, esai ditulis naratif dan beralur sebagaimana kamu menanggapi suatu hal, namun tetap memiliki poin. Lewat esai, kamu juga menunjukkan karakter dan kepribadianmu, serta pemikiran kritis yang kamu miliki. Jadi, mulai lah berlatih membuat esai agar kemampuanmu dalam menulis esai pun bertambah.

Ikuti Tes Kemampuan Bahasa Asing

Menyertakan hasil tes kemampuan bahasa asing, tertutama Bahasa Inggris, juga diperlukan dalam pengajuan beasiswa kuliah. Tes seperti TOEFL atau IELTS perlu kamu ikuti sesekali atau menjelang pengajuan beasiswa. Sebelum mengikuti tes, pastikan kamu terus mengasah kemampuan berbahasa asing tersebut. Beberapa universitas biasanya memberi nilai minimum pencapaian TOEFL dan IELTS. Maka, nilaimu harus lebih tinggi dari nilai minimum yang ditetapkan tersebut.

Sertakan Dokumen Pendukung

Kamu juga harus tahu dokumen apa saja yang dibutuhkan dalam sebuah pengajuan beasiswa dari program tertentu. Umumnya, beasiswa membutuhkan dokumen seperti Kartu Pelajar, KTP kedua orang tua, Kartu Keluarga, slip gaji orang tua atau surat keterangan pengganti slip gaji dari kelurahan setempat, bukti pembayaran listrik, dan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan (khusus beasiswa untuk siswa tak mampu secara ekonomi). Selain itu, sertakan pula sertifikat-sertifikat prestasi terbaik kamu.

Jika kamu sudah mempersiapkan hal-hal di atas sedini mungkin, kamu juga harus tahu cara-cara mendapatkan beasiswa kuliah. Baca artikel lengkapnya di link berikut https://www.cekaja.com/info/3-cara-mendapatkan-beasiswa-kuliah/

shares