Selalu Perhatikan Tahap Perkembangan Bayi Hingga Usia 6 Bulan Ini

Tahap Perkembangan Bayi Hingga Usia 6 Bulan

Hingga usia 6 bulan, bayi memerlukan perhatian yang sangat ekstra. Pada usia tersebut bayi masih sangat rentan dan menyesuaikan diri dengan sekitarnya. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk terus memantau tahap perkembangan bayi. Berikut ini adalah tahap perkembangan bayi mulai lahir hingga 6 bulan untuk referensi Anda.

Alasan Kenapa Harus Memantau Tahap Perkembangan Bayi

Ada beberapa alasan kenapa mengetahui perkembangan bayi amat penting. Alasan paling utama adalah untuk memantau dan mengamati apakah ada hal yang tidak wajar pada periode perkembangan tertentu. Dalam jangka waktu tertentu, bayi akan menunjukkan perkembangan. Ketika ada sesuatu yang tidak beres, maka harus segera dilakukan pemeriksaan dan penanganan.

Tahap Perkembangan Bayi Umur 0 Hingga 6 Bulan

  1. Usia 1 bulan

Masa-masa ini adalah masa bayi masih sangat rentan karena baru saja dilahirkan. Biasanya pada usia ini bayi sudah bisa mengenal suara ayah dan ibunya. Selain itu, bayi akan menangis tanpa air mata. Menangis ini merupakan satu-satunya cara untuk berkomunikasi dengan sekitarnya. Jarak pandang fokus bayi pada masa ini adalah sekitar 20—45 cm.

  1. Usia 2 bulan

Usia 2 bulan merupakan usia pertumbuhan bayi. Bayi sudah bisa memegang sebuah objek dalam waktu yang singkat. Bayi juga sudah bisa berguling meski baru satu arah. Selain itu, bayi juga sudah bisa belajar untuk menegakkan kepala dan menendang-nendang

  1. Usia 3 bulan

Pada usia 3 bulan, bayi sudah bisa meregangkan tangan dan kaki, mulai dapat berceloteh, bisa mengangkat kepala meskipun belum bisa terlalu kuat dan masih kurang seimbang, bisa memegang benda dalam durasi yang lebih lama, dan kedua matanya sudah mulai bisa mengamati benda bergerak. Selain itu, koordinasi antara mata dan tangan sudah membaik.

  1. Usia 4 bulan

Di usia 4 bulan, bayi sudah bisa berdiri dan mampu menahan bantuan meskipun harus dengan bantuan. Selain itu, bayi usia 4 bulan sudah bisa meraih benda dekat di sekitarnya, duduk dengan tangan masih menyangga, dan mulai bisa mengulang sebuah perilaku karena merasa tertarik dengan respons lingkungan di sekitar.

  1. Usia 5 bulan

Bayi yang sudah berusia 5 bulan sudah mulai bisa tengkurap. Selain itu, di usia ini bayi sudah bisa meraih kaki dan juga jari kaki, bisa memindahkan benda dari tangan yang satu ke tangan yang lain, dan bisa menyesuaikan gerak tubuh dengan jarak dan ukuran suatu benda.

  1. Usia 6 bulan

Di usia 6 bulan, seharusnya bayi sudah bisa untuk duduk dengan tegak tanpa harus menggunakan bantuan dari orang lain. Bayi juga sudah bisa merangkak dengan perlahan, menggulingkan badan ke kiri dan kembali ke posisi semula, kepala mulai tegak, dan juga mulai bisa mengunyah makanan meskipun belum terlalu sempurna.

Itulah tahap perkembangan bayi sejak dilahirkan hingga memasuki usia 6 bulan. Yang jelas, bayi harus terus dipantau dengan ekstra hati-hati untuk memastikan pertumbuhannya normal.

shares