Serba Praktis, 5 Buah Rumahan yang Bisa Diolah Jadi Masker Wajah

Buah Rumahan yang Bisa Diolah Jadi Masker Wajah

Masker wajah saat ini sudah menjadi bagian penting dalam skincare routine tiap wanita. Pemakaiannya dipercaya dapat mencerahkan, melembabkan, dan juga menjauhkan wajah dari noda hitam dan kerutan. Namun, tak semua wajah cocok menggunakan masker buatan, karena adanya unsur kimia di dalamnya. Untuk menyiasatinya, buat saja masker sendiri dari ragam buah yang ada di rumah.

  1. Pepaya

Buah pepaya merupakan jenis buah yang sangat mudah didapatkan dan harganya pun sangat terjangkau. Kandungan pepaya berupa vitamin A dan enzim papain memiliki fungsi eksfoliasi, sehingga dapat mengangkat sel kulit mati di permukaan kulit Anda. Untuk membuat maskernya, haluskan pepaya lalu tambahkan sedikit madu. Oleskan dengan merata di permukaan wajah, lalu tunggu 15 menit sebelum dibersihkan.

  1. Pisang

Sama dengan pepaya, pisang pun sangat mudah didapatkan di Indonesia. Dalam buah pisang terkandung vitamin B6 dan C, yang keduanya bermanfaat untuk menjaga keelastisan kulit. Pisang juga kaya akan antioksidan sehingga dapat melindungi kulit dari paparan radikal bebas. Haluskan pisang dan tambahkan sedikit madu, lalu oleskan dengan merata di wajah. Biarkan masker ini selama 20 menit, lalu baru dicuci bersih.

  1. Tomat

Sebagai bahan dapur, tomat bisa dengan mudah dialih fungsikan sebagai masker wajah. Tomat mengandung zat likopen, yang dapat membantu wajah untuk menyerap oksigen lebih cepat. Alhasil, penuaan dini bisa dihindari dan kulit terlindungi dari sinar UV. Haluskan tomat dan tambahkan madu atau yoghurt, lalu oleskan merata pada kulit wajah dan kemudian biarkan selama 10 menit.

  1. Kulit Jeruk

Masker yang terbuat dari kulit jeruk, bisa dimanfaatkan untuk menyegarkan dan mengencangkan kulit wajah. Penggunaan masker kulit jeruk ini cocok bagi yang memiliki kulit berminyak, karena produksi minyak berlebih pada kulit wajah bisa dikontrol. Untuk menggunakannya, parut kulit jeruk lalu biarkan mengering. Setelah kering, haluskan kulit jeruk lalu kemudian oleskan ke wajah dengan tambahan sedikit madu.

  1. Alpukat

Tak hanya enak di mulut dan perut saja, buah alpukat juga sangat pas dijadikan sebagai makanan bagi kulit wajah. Tekstur alpukat yang creamy, akan sangat membantu Anda untuk melembapkan kulit wajah. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin C dan E yang dapat menjaga kesehatan kulit. Haluskan daging buah alpukat, lalu oleskan dengan merata di permukaan wajah. Biarkan masker selama 20 menit, lalu baru dibersihkan.

Cantik tak melulu harus mahal. Dibanding menggunakan masker wajah import dengan harga yang mahal, bukankah lebih baik Anda membuat sendiri maskernya dari buah-buahan yang mudah didapatkan. Pengolahan ragam buah di atas sangat mudah dan praktis, serta tentunya tak mengandung bahan kimia berbahaya. Dengan penggunaan rutin, masker buah-buahan ini akan menjaga kesehatan kulit wajah Anda.

shares