Turunkan Gula Darah dengan Pare

Turunkan Gula Darah dengan Pare

Pernahkah Anda mengonsumsi pare? Ya, buah dengan rasa yang pahit ini seringkali Anda temui menjadi hidangan lauk berupa sayur di Indonesia. Akan tetapi, dibalik rasa pahitnya, pare ternyata memiliki banyak manfaat. Pare sudah lama dijuluki sebagai obat untuk beragam penyakit, mulai dari menurunkan demam, tekanan darah, hingga menurunkan berat badan. Salah satu manfaat pare untuk kesehatan tubuh adalah untuk menurunkan kadar gula darah.

Pare mengandung karantin dan polipteda-P yang memiliki fungsi serupa dengan insulin. Keduanya bersifat membersihkan darah dan menurunkan lemak. Sayuran berbentuk buah dengan rasa yang pahit ini juga mengandung antioksidan tinggi yang membantu memerangi radikal bebas. Pada penderita diabetes, senyawa yang terdapat dalam pare berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah karena rasanya yang pahit.

Mengkonsumsi pare yang dijadikan jus di pagi hari dengan perut kosong membantu menurunkan kadar gula darah dan mengurangi kemungkinan komplikasi kesehatan terkait diabetes seperti kenaikan berat badan, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, kolesterol tinggi, dan sebagainya. Jus pare mengandung segudang nutrisi penting, mulai dari zat besi, magnesium, kalium, dan vitamin C. Pare menjadi sumber serat makanan yang sangat baik, juga mengandung dua kali kadar kalsium, kalium dan beta-karoten.

Cara mengolah pare agar dapat dikonsumsi sebagai bahan alami menurunkan kadar gula darah adalah mengakali rasa pahit pare dengan membuat jus pare yang dicampur dengan garam dan perasan lemon. Caranya, parut sebuah pare, rendam dalam mangkuk berisi campuran air dan garam. Diamkan selama 15 menit dan buang airnya. Blender pare dengan sedikit air, saring sebelum dicampur dengan perasan setengah buah lemon. Jika masih terasa pahit, Anda dapat mencampurnya dengan apel dan bit.

Mengkonsumsi 2000 miligram pare secara teratur mengurangi kadar glukosa darah secara signifikan pada pasien dengan penyakit diabetes. Dosis harian jus pare yang direkomendasikan untuk penderita diabetes adalah berkisar dari 50-100 ml jus per hari atau 900mg buah tiga kali sehari. Konsumsi pare secukupnya, karena mengkonsumsi pare berlebihan dapat menyebabkan sakit perut dan diare.

shares